Info Terbaru 2022

Pengertian Administrasi - Definisi Administrasi Berdasarkan Para Pakar

Pengertian Administrasi - Definisi Administrasi Berdasarkan Para Pakar
Pengertian Administrasi - Definisi Administrasi Berdasarkan Para Pakar
Pengertian Manajemen - Secara Etimologis, Manajemen yaitu kosa kata yang berasal dari bahasa Perancis kuno, yaitu menegement yang berarti seni melaksanakan dan mengatur. Sejauh ini memang belum ada kata yang mapan dan diterima secara universal sehingga pengertiaanya untuk masing-masing para pakar masih mempunyai banyak perbedaan.



Secara umum administrasi juga dipandang sebagai sebuah disiplin ilmu yang mengajarkan ihwal proses untuk memperoleh tujuan organisasi melalui upaya bersama dengan sejumlah orang atau sumber milik organisasi. Dalam hal ini administrasi dibedakan menjadi 3 bentuk karakteristik, diantaranya adalah:
  

  • Sebuah proses atau seri dari kegiatan yang berkelanjutan dan berhubungan.  
  • Melibatkan dan berkonsentrasi untuk mendapat tujuan organisasi.  
  • Mendapatkan hasil-hasil ini dengan berkerja sama dengan sejumlah orang dan memanfaatkan sumber-sumber dimiliki si organisasi.

Ditinjau dari segi fungsinya, administrasi mempunyai 4 fungsi dasar administrasi yang menggambarkan proses manajemen, tiruananya terangkum sebagai diberikut:  

Perencanaan
Perencanaan melibatkan urusan menentukan kiprah yang harus di lakukan untuk mempertahankan tujuan organisasi, menjelaskan bagaimana kiprah harus dilaksanakan, dan memdiberi indikasi kapan harus dikerjakan.

Aktivitas perencanaan memkonsentrasikan pada mempertahankan tujuan. Para manajer menegaskan secara terang apa yang organisasi harus lakukan biar berhasil. Perencanaan konsentrasi terhadap kesuksesan dari organisasi dalam jangka waktu pendek dan juga jangan panjang.

Pengorganisasian
Pengorganisasian yakni memdiberi kiprah sebagai hasil dari tahapan perencanaan, kiprah tersebut di diberikan kepada bermacam-macam individu atau grup didalam organisasi. Mengorganisir yaitu untuk membuat prosedur untuk menjalankan rencana.

Pengaruh
Pengaruh merupakan sebuah motivasi, kepemimpinan atau arah. Pengaruh sanggup di definisikan sebagai bimbingan dari kegiatan dari anggota organisasi dalam arah yang sanggup membantu organisasi ludang keringh terarah untuk mencapai hasil atau sasaran.

Pengendalian
Pengendalian merupakan sejumlah peranan yang dimainkan oleh para manajer:  

  1. Mengumpulkan gosip untuk mengukur performa.  
  2. Membandingkan performa masa sekarang dengan sebelumnya.   
  3. Menentukan agresi selanjutnya dari planning dan melaksanakan modifikasi untuk menuai parameter performa diharapakan

Pengertian administrasi berdasarkan para pakar

Menurut G.R. Terry:
Manajemen yaitu suatu proses atau kerangka kerja, yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok orang-orang kearah tujuan-tujuan organisasional atau maksudmaksud yang nyata.

Menurut Hilman:
Manajemen yaitu fungsi untuk mencapai sesuatu melalui kegiatan orang lain dan mengawasi usaha-usaha individu untuk mencapai tujuan yang sama.

Menurut Ricky W. Griffin:
Manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai target (goals) secara akibattif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan sanggup dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa kiprah yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.

Menurut Drs. Oey Liang Lee:
Manajemen yaitu seni dan ilmu perencanaan pengorganisasian, penyusunan, pengarahan dan pengawasan daripada sumberdaya insan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Menurut William H. Newman:
Manajemen yaitu fungsi yang berafiliasi dengan memperoleh hasil tertentu melalui orang lain.

Menurut Renville Siagian:
Manajemen yaitu suatu bidang perjuangan yang bergarak dalam bidang jasa pelayanan dan dikelola oleh para tenaga pakar tyerlatih serta berpengalaman.

Menurut Prof. Eiji Ogawa:
Manajemen yaitu Perencanaan, Pengimplementasian dan Pengendalian kegiatan-kegiatan termasuk system pembuatan barang yang dilakukan oleh organisasi perjuangan dengan terludang keringh lampau telah memutuskan sasaran-sasaran untuk kerja yang sanggup disempurnakan sesuai dengan kondisi lingkungan yang berubah.

Menurut Federick Winslow Taylor:
Manajemen yaitu Suatu percobaan yang sungguh-sungguh untuk menghadapi setiap dilema yang timbul dalam pimpinan perusahaan (dan organisasi lain)atau setiap system kerjasama insan dengan perilaku dan jiwa seorang sarjana dan dengan memakai alat-alat perumusan.

Menurut Henry Fayol:
Manajemen mengandung gagasan lima fungsi utama yaitu, merancang, mengorganisasi, memerintah, mengoordinasi, dan mengendalikan.

Lyndak F. Urwick:
Manajemen yaitu Forecasting (meramalkan), Planning Orga-nizing (perencanaan Pengorganisiran), Commanding (memerintahklan), Coordinating (pengkoordinasian) dan Controlling (pengontrolan).

artikel terkait :
Advertisement

Iklan Sidebar